Kamis, 20 Februari 2020

Kegiatan Puncak Tema "Gejala Alam"

Alhamdulillah pelaksanaan Puncak Tema Gejala Alam (sub tema Gunung Meletus) TK B terlaksana dengan baik. Kegiatan ini diselenggrakan hari Jum'at, 14 Februari 2020 bertempat di Aula PAUD Terpadu ' Aisyiyah Mardi Putra yang diikuti dengan penuh antusias oleh 176 peserta didik TK Kelompok B dan 12 guru pendamping.
Puncak tema gejala alam ini, dipandu oleh ibu Rumiyati dan Ibu Sariyani. Diawali dengan melihat percobaan Gunung meletus yang dibuat dari bahan plastisin sebagai pengganti miniatur Gunung, kemudian diberi soda kue, pewarna makanan dan air cuka. Selain itu, peserta didik (diwakili beberapa anak) diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan secara lansung. Diakhir kegiatan ini peserta didik diberikan pengetahuan, apa saja yang menjadi gejala atau tanda-tanda gunung meletus serta apa yang harus mereka lakukan setelah Gunung itu meletus.
Kegiatan ini penting untuk dilakukan mengingat secara geografis daerah Yogyakarta berada di dekat pegunungan yang aktif, selain itu juga kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada anak tentang sebab, akibat, dan manfaat dari fenomena alam atau gunung meletus, serta dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas anak. Melalui pengenalan sejak dini tentang fenomena alam, dapat juga melatih anak tentang kewaspadaan jika terjadi situasi darurat. Dan yang lebih penting lagi, anak didik dapat mengenal ciptaan Allah SWT dan selalu senantiasa mengingat Allah SWT.


EmoticonEmoticon